Jumat, 19 Maret 2021

Mengenal Wirausaha Digital

  Oleh : Husnul Khotimah 

Halo sobat dunia kampus ! Kalian tau tidak apa itu wirausaha digital ?

Wirausaha digital atau dengan kata lain Digital Enterpreneurship adalah istilah pemanfaatan teknologi pada kegiatan berwirausaha. Pemanfaatan teknologi yang dimaksud dalam hal ini mulai dari proses produksi yang menggunakan mesin dan teknologi terbaru hingga pemasaran dengan memanfaatkan media sosial, platform online, aplikasi, dan lain-lain. Teknologi tersebut lah yang sangat dibutuhkan dunia usaha untuk mengontrol atau memantau operasional suatu perusahaan agar berjalan dengan baik, cepat dan  tepat. Wirausaha digital ini sudah menyoroti perubahan dalam praktik wirausaha maupun pendidikan. Setiap hari banyak model usaha yang berbasis digital hingga online shop kian menjamur dan memberikan beragam pilihan inovatif kepada masyarakat. Bahkan beberapa perusahaan rintisan Indonesia berbasis digital telah banyak mewarnai dinamika baru kehidupan masyarakat di era ekonomi digital. 

Pelaku wirausaha digital ialah seseorang atau suatu badan komersial maupun industri yang telah memanfaatkan teknologi digital. Sebagai contoh yaitu adalah PT Indoguna. Dalam mengatasi persaingan yang kuat PT Indoguna menggunakan teknologi informasi yang dipunya untuk dapat terhubung dengan para pelanggan yang berbeda daerah, karena prinsip dari perusahaan ini sendiri ialah Next This Service Is. Jadi misal hari ini barang dipesan oleh pelanggan maka keesokan harinya barang sudah dapat diantar, sehingga tanpa adanya teknologi informasi yang canggih hal tersebut akan susah untuk dikendalikan. Teknologi tersebut juga dapat digunakan PT Indoguna untuk mengontrol transaksi-transaksi pendapatan dari perusahaan cabang yang ada diberbagai daerah. Bukan hanya PT Indoguna saja yang memanfaatkan teknologi informasi, akan tetapi saat ini hampir semua perusahaan baik itu industri ataupun komersial telah menggunakan teknologi informasi.

Keberadaan wirausaha digital sangatlah penting karena saat ini sudah banyak atau bahkan hampir semua orang dapat menggunakan teknologi informasi, hal tersebut tentu memudahkan kita untuk dapat melakukan proses jual beli. Dalam dunia pendidikan, wirausaha digital membuka kemungkinan baru untuk menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa dalam rangka mempersiapkan persaingan global yang semakin kompleks. Penumbuhan minat berwirausaha dapat dilakukan melalui mata kuliah kewirausahaan.

Menurut penelitian dari IDC Worldwide (2015), jika seorang wirausaha ingin masuk kedalam dunia digital ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu : Mobile Internet, Cloud Technology, Internet of things, Big Data. Indonesia sudah hampir memenuhi persyaratan yang ada diatas bahkan Indonesia memiliki beberapa peluang yang memudahkan untuk menjalankan bisnis digital dan perkiraan  prospek kedepannya mengenai bisnis digital. Peluang tersebut diantaranya yaitu, harga internet di Indonesia adalah termurah  kedua dari 20 negara di dunia, tetapi kualitasnya masih buruk. Hal tersebut mungkin dikarenakan wilayah cakupan di Indonesia cukup luas dibanding negara- negara lainnya, padahal pemerintah sudah berusaha melakukan upaya-upaya dengan membuat palapa ring seluas 35.000 km. Dan peluang yang lainnya yaitu dari segi pengguna, masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan internet dan sosial media dibanding negara – negara lainnya.

Peluang – peluang tersebut sudah pasti dapat memberikan keuntungan kita dalam melakukan usaha atau bisnis digital, tak sedikit pula yang bisa meraup untung besar karena paham akan peluang yang datang di depan mata. Tapi di sisi lain ada beberapa tantangan yang harus dihadapi diantaranya :

Tantangan pertama, adanya persaingan yang sangat bebas. Segala kemudahan pada era digital tentu mengundang ketertarikan orang lain untuk membuat sebuah bisnis. Maka dari itu, tidak heran lagi jika  ditemukan berbagai macam jenis usaha yang mungkin sama. Inilah tantangan yang paling utama. Solusinya, mencari cara agar usaha yang dijalanka tetap yang nomor satu. Bisa mulai dengan mencari inovasi-inovasi baru. 

Tantangan kedua, adanya perkembangan teknologi digital yang bergerak terlalu cepat. Perkembangan teknologi  bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup berarti apabila bisnis yang dijalankan tidak dapat mengikutinya. Sebuah bisnis harus bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang terus berkembang. Pemilik bisnis akan dituntut untuk terus belajar dan mengajar. Memang terdengarnya akan menguras waktu dan tenaga, namun apabila berhasil nantinya akan sangat mempermudah jalannya bisnis. 

Dalam melakukan usaha digital ada hal yang harus diperhatikan juga selain peluang dan tantangan agar usaha dapat berjalan lancar, yaitu adanya pengukuran kinerja usaha. Pengukuran kinerja kerja terdiri dari adanya :

  • Target Finansial, untuk mencapai target finansial suatu  usaha yang pertama itu ada bagaimana caranya mendapatkan pelanggan baru dan setelah itu berpikir bagaimana pelanggan tertarik dan terus menerus membeli produk yang dijual dengan cara yaitu mungkin mengadakan promo atau diskon. Lalu dari sisi lain yaitu adanya penghematan biaya dan memikirkan bagaimana agar aset yang dimiliki tetap produktif. 
  • Kepuasan pelanggan, agar target finansial tecapai kita harus mengejar kepuasan pelanggan. Komponen yang perlu diperhatikan untuk mendapat kepuasan pelanggan yaitu  harga yang akan kita pasarkan  itu berapa, kualitas produk yang kita buat seperti apa, lalu ketersediaan produk yang akan  kita pasarkan, bagaimana kita membuat ketersediaan pilihan untuk pelanggan, dan fungsi dari produk yang kita jual relevan atau tidak. Selain itu kemampuan kita dalam  melayani dan membangun kemitraan dengan pelanggan itu bagaimana serta dalam pembuatan citra nama produk. 
  • Proses Internal, mekanisme atau SOP apa yang membuat pelanggan puas. Proses interal meliputi Manajemen Operasionalnya, pasokannya dari mana saja , proses produksinya, bagaimana mendistribusikannya, dan risiko  dalam proses produksinya. Kemudian melihat dari proses pengelolaan pelanggan, bagaimana memilih atau menseleksi pelanggan, serta membuat bagaimana pelanggan terus mengorder dan membuat loyalitas dengan pelanggan. Kemudian membuat  inovasi dengan mengindentifikasi peluang bagaimana produk sisaan produksi yang masih layak bisa dijual kembali dengan inovasi inovasi. Selain itu juga tentu bagaimana regulasi dan sosial,  lihat lingkungannya seperti apa, keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya bagaimana. 

Untuk melaksanakan proses operasionalnya tentu SDM atau pelaku wirausaha harus mempunyai kompetensi, kapabilitas dan komitmen,  dibekali dengan informasi yang cukup dan kalo sudah tidak solopraner bisa membuat dan membangun organisasi. Kompetensi yang dibutuhkan wirausaha digital adalah :

  1. Komunikasi, Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan  profesional karena mereka harus bisa menjelaskan ide-ide atau promosi mengenai usahanya kepada para investor atau pelanggan.
  2. Finansial, Seorang wirausaha harus memiliki kecerdasan mengenai finansial. Tidak harus menguasai semua laporan keuangan yang paling penting adalah Cash flow ( laporan arus kas ).
  3. Brand atau Merek, Setiap wirausaha harus menyiapkan sebuah nama brand atau merek yang sesuai dengan usaha yang akan dibuat.
  4. Marketing, Seorang wirausaha harus memiliki tehnik marketing yang bagus. Bagaimana kita bisa membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari pengusaha lain tetapi dengn produk yang sama. Dan bagaimana cara nya kita memasarkan produk agar para pelanggan tertarik dengan memanfaatkan teknologi yang canggih.
  5. Networking, Seorang wirausaha harus memperluas jaringan silaturahmi atau memperluas relasi dengan para investor maupun para vendor.
  6. Automation, Seorang wirausaha harus bisa belajar cara mengoperasikan atau menggunakan perangkat lunak.
  7. Design, Setiap wirausaha harus memiliki design produk yang menarik dan bagus agar para pelanggan lebih tertarik dengan produk yang kita jual. Dalam membuat design produk yang diperhatikan bukan hanya tampilan saja akan tetapi juga fungsinya.
  8. Analytics, Seorang wirausaha harus bisa menganalisis dengan mengumpulkan data  mengenai  produk apa yang sedang banyak diincar, dan mungkin mengenai para supplier yang akan bekerja sama dengannya. 
  9. Technical, Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan dalam IT. Tidak harus menguasai semuanya tetapi hanya perlu pemahaman sederhana mengenai algoritma dan cara berpikir berstruktur karna akan mengembangkan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks.
  10. Learning, Keterampilan Online learning sangat penting untuk seorang wirausaha karena membantu meningkatkan kinerja bisnis.

dunia kampus 
- https://www.duniakampus40.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review K-Drama Vincenzo yang memiliki cerita menarik disetiap episodenya

 Oleh : Husnul Khotimah Hai  sobat dunia kampus !   , jadi untuk artikel kali ini aku mau review sedikit nih mengenai sebuah drama korea yan...

IKLAN